Electronic
Commerce (e-commerce) adalah proses pembelian, penjualan atau
pertukaran produk, jasa
dan informasi melalui
jaringan komputer. E-commerce
merupakan bagian dari
e-business, di mana
cakupan e-business lebih
luas, tidak hanya
sekedar perniagaan tetapi
mencakup juga pengkolaborasian mitra
bisnis, pelayanan nasabah,
lowongan pekerjaan dll.
Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan
teknologi basis data atau pangkalan data
(database), e-surat atau
surat elektronik (e-mail),
dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem
pengiriman barang, dan alat pembayaran
untuk e-commerce ini (Siregar, 2010)
E-commerce
akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk
kegiatan trading (perdagangan). Proses
yang ada dalam E-commerce adalah sebagai berikut :
·
Presentasi elektronis
(pembuatan website) untuk produk dan layanan.
·
Pemesanan secara
langsung dan tersedianya tagihan.
·
Otomatisasi akun
pelanggan secara aman
(baik nomor rekening
maupun nomor Kartu Kredit).
·
Pembayaran yang
dilakukan secara langsung
(online) dan penanganan
transaksi.
Jenis
– jenis E-commerce
·
Business
to Business
Business to Business
(B2B) adalah sistem komunikasi bisnis
on-line antar pelaku bisnis.
Business to Business e-commerce
umumnya menggunakan mekanisme
Electronic Data Interchange
(EDI).
·
Business to Consumer
Business to Consumer
(B2C) B2C dapat diartikan sebagai jenis
perdagangan elektronik di mana ada sebuah perusahaan (business) yang melakukan
penjualan langsung barang-barangnya kepada pembeli (consumer).
·
Consumen to Consumen
Consumer-to-Consumer(C2C): E-commerce
dimana seorang menjual produk atau jasa ke orang lain. Dapat juga disebut sebagai pelanggan ke pelanggan
yaitu orang yang menjual produk dan jasa ke satu sama lain.
·
Consumen to Business
Consumer-To-Business(C2B): Merupakan
perseorangan yang menjual produk atau jasa kepada suatu perusahaan/organisasi.
·
Government to Citizen
Government
to Citizens (G2C): Pelayanan pemerintah
terhadap warga negaranya melalui
teknologi Dapat digunakan untuk kerjasama antara pemerintah dengan
pemerintah lain atau dengan perusahaan. Contoh : layanan ktp dan sim.
A. Sejarah Lazada.co.id
Lazada.co.id The Fastest Growing e-Commerce in Indonesia –
Keberhasilan sistem perdagangan online (eCommerce) di Indonesia tidak lepas
dari antusiasme masyarakat Indonesia yang mendambakan sebuah kepraktisan dalam
berbelanja. Lazada.co.id adalah salah satu toko online terbaik tanah air yang
hadir dengan konsep produk yang lengkap dan kemudahan belanja online pesan
antar. Adalah sebuah perjalanan yang menabjubkan bagi Lazada.co.id dan
orang-orang dibelakanganya yang membuat Lazada menjadi besar seperti sekarang.
Dalam kurun waktu satu tahun, Lazada.co.id kini telah
menjadi toko online terbesar di Indonesia. Wajar bila banyak yang menjuluki
Lazada.co.id sebagai “The Fastest Growing e-commerce in Indonesia”, berikut
adalah sejarah perjalan Lazada.co.id di dunia e-commerce tanah air.
Berawal dari awal Januari 2012
ketika Rocket Internet yang pusatnya di Berlin mendirikan kantor di Jakarta.
Pada saat itu hanya memiliki 4 karyawan untuk Lazada. Pada tanggal 15 Maret
2012, website Lazada diluncurkan. Peluncuran ini tidak hanya di Indonesia saja,
melainkan Filipina, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Pada awal peluncurannya
Lazada memiliki 4000 produk yang dijual dan dibagi menjadi 4 kategori. Dalam
kurun waktu satu minggu Lazada mendapatkan customer pertamanya. Customer
pertamanya itu memberikan testimoni mengenai kepuasan terhadap layanan
Lazada.co.id. Pelayanan yang baik dari segi pembelian sampai dengan aftersales
nya membuat Lazada mendapat 1000 pelanggan pada bulan pertamanya, merupakan
angka yang cukup fantastis setelah satu bulan dari peluncuran website.
Pertumbuhan customer dan supplier
yang begitu pesat membuat Lazada membuka kantor baru yang secara khusus untuk
menangangi masalah warehouse dan distribusi produk Lazada. Bulan Agustus 2012
Lazada telah merekrut 200 karyawan setelah kerja keras dari awal launching
hingga bulan agustus 2012 ini. Perekrutan ini untuk mengimbangi jumlah customer
yang semakin banyak dan untuk meningkatkan layanan lazada menjadi lebih baik.
Pada tanggal 14 September 2012
Lazada mendapatkan investasi besar dari JP Morgan Asset Management karena
melihat potensi Lazada di Indonesia. Kemudian disusul dengan investasi dari
Kinnevik, perusahaan investasi asal Swedia menyuntik dana USD 40 juta, dan
ditambah lagi suntikan dana oleh Summit Partners sebesar USD 26 juta.
Pada akhir tahun 2012 Lazada
mengubah desain websitenya agar semakin dinikmati oleh customer maupun supplier
dan memberi kemudahan bagi orang yang mencari produk di dalamnya. Pada akhir
tahun ini Lazada memiliki 25000 produk yang dibagi ke dalam 13 kategori. Awal
tahun 2013 Lazada mendapatkan suntikan dana segar dari Tengelmann, group retail
strategis dari Jerman sebesar USD 20 juta.
Beberapa
produk premium yang ditawarkan dan tersedia saat ini di Lazada adalah :
-
Perlengkapan
Elektronik,
-
Perlengkapan dan
peralatan rumah tangga,
-
Perlengkapan anak,
-
Produk kesehatan dan
kecantikan,
-
Accesoris dan jam
tangan,
-
Perlengkapan otomotif,
-
Perlengkapan olahraga.
-
Fashion
B. Infrastruktur pada
Lazada
Sistem
Pembelian Didalam Lazada
-
Metode
Pembayaran
Lazada melakukan
sistem pembayaran secara online sesuai dengan segmen perusahaan yaitu penjualan
secara e-commerce.
Sebelum
pembayaran dilakukan pembeli terlebih dahulu mengisi identitas pembeli di kolom
informasi pelanggan. Kolom informasi pelanggan berisi Alamat penagihan, email,
password email, nama depan, nomor ponsel, nomor lainnya, tanggal lahir, jenis
kelamin, jenis alamat (apakah alat yang dituju adalah alamat kantor atau alamat
rumah), alamat, provinsi, kota, kode pos, kecamatan atau kelurahan.
Kemudian pembeli
yang melakukan transaksi di dalam Lazada dapat menggunakan e-credit cards
sebagai alat pembayaran. Sistem pembayaran pertama melalui e-credit cards yang
dapat dilakukan melalui kartu kredit yang dikeluarkan oleh Visa dan Master
Cards.
Sistem
pembayaran kedua adalah bank transfers, dimana pembeli dapat menggunakan sistem
transfer melalui 2 rekening yang tersedia yaitu Bank BCA dan Bank Mandiri. Lazada
juga memberikan kemudahan kepada pembeli yang berasal dari Jabodetabek secara
umumnya dan Jakarta secara khususnya dapat dilayani dengan sistem Cash On
Delivery.
-
Sistem
Pengiriman Barang
Lazada melayani
pengiriman barang ke seluruh Indonesia melalui rekan bisnisnya yaitu GED.
Sedangkan untuk pengiriman diwilayah Jakarta dan sekitarnya, lazada menggunakan
rekan bisnis nya yaitu Go-Jek. Pada saat promo dengan event tertentu lazada
dapat menggratiskan biaya kirim ke seluruh Indonesia untuk lebih menarik minat
konsumen dengan berbelanja di lazada.
Syarat
dan Ketentuan
-
Pembukaan
Account
Syarat dan
ketentuan yang diterapkan oleh Lazada diberlakukan kepada seluruh pengguna
situs Lazada (www.lazada.co.id), PT Pilar Utama Cakrawala selaku operator situs
lazada, dan semua divisi, anak perusahaan, serta afiliasi situs internet yang
berdasarkan referensi syarat dan ketentuan yang berlaku.
-
Penggunaan
Situs
Pengguna situs
ini diwajibkan berusia minimal 18 tahun atau mengakses dibawah pengawasan orang
tua atau wali hukum. Lazada memberikan konten yang disediakan hanya untuk
tujuan informasi, dan disebutkan juga didalam situs tersebut bahwa produk yang
direpresentasikan pada situs ini adalah milik vendor dan tidak dibuat oleh
lazada nya sendiri. sedangkan opini di dalam situs lazada adalah pendapat
individu yang telah terdaftar sebagai anggota lazada. Selama proses pendaftaran
lazada mewajibkan persetujuan kepada users untuk menerima email promosi dari
situs yang merupakan bagian dari advertising yaitu permission marketing.
-
Drop
Shipment
Ketentuan drop
shipment berlaku untuk barang-barang furniture dan home appliances, dan tim
customer service dari lazada akan menelepon pelanggan setelah transaksi
disahkan untuk mengkonfirmasi waktu pengiriman dan penerimaan barang. Produk
hanya akan diserahkan kepada pihak yang melakukan pembayaran lunas (pembeli)
atau pihak yang telah ditunjuk oleh pembeli tersebut.
Jika pada saat
pengiriman barang-barang kategori furniture dan home appliances, pelanggan atau
pihak yang telah ditunjuk sebagai penerima barang tidak berada ditempat, maka
biaya pengiriman ulang akan dibebankan kepada pelanggan. Sebelum pengiriman,
pelanggan akan diingatkan mengenai hal ini pada saat konfirmasi telepon awal. Apabila
pelanggan menunjuk pihak lain sebagai penerima barang, pihak yang ditunjuk
diwajibkan untuk menunjukkan kartu identitas berupa SIM, KTP, atau Paspor.
-
Submisi
Pengguna
Lazada telah
menerapkan sebuah peraturan yang berisi bahwa segala apapun yang users berikan
kepada situs lazada, seperti pertanyaan, ulasan, komentar, dan saran akan
menjadi milik tunggal dan eksklusif untuk lazada dan tidak akan dikembalikan
kepada users.
-
Penerimaan
Pesanan dan Harga
Didalam situs
lazada disebutkan bahwa ada kemungkinan kasus-kasus ketika order tidak dapat
diproses karena berbagai alasan. Situs berhak untuk menolak atau membatalkan
pesanan dengan alasan apapun pada waktu tertentu. Users mungkin akan diminta
untuk memberikan verifikasi tambahan atau informasi.
Lazada bertekad
untuk memberikan informasi harga yang paling akurat pada situsnya, tetapi
lazada juga menyebutkan didalam situsnya bahwa kesalahan pemberian informasi
yang akurat bisa saja salah, seperti ketika harga item tidak ditampilkan dengan
benar di dalam websitenya. Dengan demikian pihak lazada berhak untuk menolak
atau membatalkan pesanan apapun. Pihak lazada akan menghubungi pembeli untuk
memberitahukan pembatalan tersebut. Didalam situsnya juga disebutkan bahwa
pihak lazada berhak untuk menolak atau membatalkan pesanan seperti apakah
pesanan telah dikonfirmasi dan kartu kredit pengguna akan dikenakan biaya.
-
Trademarks
and Copyrights
Seperti yang
telah disebutkan didalam situs lazada, bahwa semua kekayaan intelektual apakah
terdaftar maupun tidak terdaftar disitus, informasi konten pada situs dan semua
desain website, telah dilindungi oleh hak cipta sebagai karya kolektif dibawah
hukum hak cipta Indonesia dan konvensi internasional.
-
Yuridiksi
dan Ketentuan Hukum Yang Berlaku
Disebutkan
didalam situs lazada, bahwa syarat dan ketentuan yang telah disebutkan akan
ditafsirkan dan diatur oleh hukum yang berlaku di Jakarta, Indonesia. Tunduk
pada bagian arbitrase dibawah ini, masing-masing pihak dengan ini setuju untuk
tunduk kepada yurisdiksi pengadilan dari Jakarta dan untuk mengesampingkan
keberatan berdasarkan tempat.
-
Arbitrase
Kontroversi,
klaim atau sengketa yang timbul dari atau berhubungan dengan syarat dan
ketentuan yang telah disebutkan didalam situs lazada akan disebut dan akhirnya
diselesaikan oleh arbitrase mengikat diri peribadi dan rahasia sebelum arbiter
tunggal yang diselenggarakan di Jakarta, Indonesia dalam bahasa dan diatur oleh
hukum Indonesia berdasarkan Peraturan Komersial Konsiliasi dan Arbitrasi,
sebagaimana telah diubah, diganti atau kembali diberlakukan dari waktu ke
waktu.
-
Pemutusan
Disebutkan
disini yang dimaksud dengan pemutusan adalah pemutusan bersifat dilarangnya
users yang telah diblock oleh situs tersebut, sehingga users tidak bisa
menggunakan aksesnya didalam situsnya tersebut karena syarat dan kondisi yang
berlaku. Didalam situsnya disebutkan bahwa jika users tidak bersedia untuk
menerima segala ketetapan yang telah dibuat pihak lazada, users memiliki upaya
hukum tunggal dan eksklusif untuk menghentikan penggunaan situs ini.
Privasi
dan Kerahasiaan
-
Penggunaan
Data Yang Diperoleh
Dijelaskan
didalam situs lazada, bahwa PT. Pilar Utama Cakrawala sebagai pihak yang
menjalankan situs www.lazada.co.id sangat menghargai privasi setiap users dan
akan menjaga setiap informasi pribadi users bersangkutan sebaik mungkin.
Pihak lazada
mendapatkan informasi tentang users sebagai bagian dari proses jual-beli
didalam situs tersbut. Informasi yang didapat tidak hanya terbatas pada
username, password, nama, gelar, jenis kelamin, tanggal lahir, alamat email,
alamat rumah, alamat pos, tetapi juga bersangkutan dengan alamat pengiriman (jika
berbeda dengan alamat rumah), nomor telepon, nomor ponsel, nomor fax, rincian
pembayaran kartu kredit dan rincian rekening bank.
Nama dan alamat
itu juga akan diberikan kepada pihak ketiga sebagai bagian dari pengiriman
barang yang telah dibeli. Tidak hanya terbatas sebagai bagian dari proses
pengiriman, tetapi lazada juga dapat meberikan informasi users kepada
perusahaan lain yang masih dalam kelompok usaha lazada dibawah naungan Rocket
Internet. Seperti contoh, pihak lazada dapat menggunakan pihak ketiga untuk
membantunya dalam bukti pengumpulan pembayaran, menganalisis data sebagai
tujuan perlindungan penipuan dan pengurangan resiko kredit.
-
Cookies
Cookies adalah
file teks kecil yang mengidentifikasikan komputer pengguna kedalam server
lazada sebagai unique users pada saat users mengunjungi halaman situs lazada.
Cookies dapat mengidentifikasikan alamat IP (Internet Protocol) komputer users.
Pada situs lazada, pihak pengoperasian situs menggunakan Google Analytics yaitu
analisis layanan web yang disediakan oleh Google Inc.
-
Keamanan
Pihak lazada
telah mengantisipasi mengantisipasi kemungkinan masalah keamanan yang berkaitan
dengan tercurinya database mereka dengan menggunakan firewall pada sistemnya.
Kemudian pihak lazada juga menggunakan enkripsi dengan menggunakan Secure
Socket Layer (SSL) coding yang diklaim oleh operator situs bahwa dapat menjamin
keamanan 100% dari pencurian oleh cracker. Oleh karena itu users dihimbau untuk
tidak mengirimkan rincian lengkap kartu kredit dan debit di enkripsi komunikasi
elektronik.
-
Hak Users
Jika users khawatir tentang data pribadinya, users
memiliki hak untuk meminta akses ke data pribadi yang pengelola situs simpan. Users
juga memiliki hak untuk meminta pengelola situs untuk memperbaiki kesalahan
dalam datanya secara gratis dan meminta pengelola situs untuk berhenti
menggunakan data pribadi users untuk tujuan pemasaran langsung.
C. Media Publikasi
Layaknya
sistem penjualan yang berbasis pada online sales, maka perusahaan juga memiliki
bagian pemasaran yang memasarkan berbagai produk mereka tidak hanya melalui web
(www.lazada.co.id) tetapi juga lazada melakukan kegiatan publikasi melalui
media seperti :
-
Facebook
( dengan nama ID Lazada.co.id)
-
Twitter
(dengan nama ID @LazadaID)
-
Linkedln
(dengan nama ID Lazada Indonesia)
-
Google+
(dengan nama ID Lazada Indonesia,)
-
Youtube
(dengan nama ID LazadaID)
-
Pinterest
(dengan nama ID LazadaID) dan
-
Blog
(dengan alamat www.blog.lazada.co.id)
Melalui pemasaran lewat media publikasi yang sudah
terdaftar atas nama Lazada indonesia, para pembeli bisa mengakses melalui situs
media sosial favourite mereka, dan melalui media sosial tersebut, pihak lazada
akan mengarahkan langsung kedalam situs web nya sendiri (www.lazada.co.id) jika
calon pembeli tertarik untuk membeli produk tersebut.
D. Kelebihan dan Kekurangan Lazada.co.id
Kelebihan Belanja Online Di Lazada :
1.
Beraneka Ragam Produk Tersedia
Di Lazada terdapat banyak sekali produk barang yang beraneka
ragam walaupun diantaranya produk eletronik, peralatan rumah tangga,
perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat
kecantikan dan lain-lain.
2.
Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
Diskon merupakan salah satu hal yang sangat diinginkan oleh
konsumen karena konsumen dapat menghemat uang. Lazada beberapa hari terakhir
ini seringkali memberikan diskon kepada pelanggannya ada yang dikisaran dibawah
10% hingga diskon diatas 30 persen untuk beberapa produk tertentu.
3.
Website yang user friendly
Bagi orang awam belanja ditoko online terkadang menyulitkan
dan membingungkan, tapi tidak dengan belanja di lazada. Karena diwebsite mereka
memiliki tampilan yang menarik dan navigasi yang jelas serta panduan yang cukup
mudah dimengerti oleh konsumen. Selain itu di lazada.co.id juga menampilkan
produk-produk unggulan sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui barang
yang direkomendasikan.
4.
Bebas Ongkos Kirim
Ongkos kirim terkadang menjadi sesuatu yang menakutkan untuk
berbelanja online karena cukup mahal untuk barang yang ukurannya besar. Namun
Lazada memberikan kemudahan bagi para pelanggannya dengan menggratiskan
ongkos kirim ke lebih dari 100 kota di Indonesia dan tentunya ini cukup bagus
untuk perkembangan lazada.
5.
Bisa COD (Cash On Delivery)
Terkadang dalam belanja online terdapat beberapa ketakutan
seperti barang tidak sampai dan takut ditipu, tapi pelayanan di perusahaan Lazada konsumen dapat melakukan pembayaran di
tempat pada saat anda menerima barang sehingga terhindar dari penipuan. Untuk
saat ini pembayaran melalui Cash on
Delivery hanya bias dilakukan di daerah Jakarta.
6.
Pengiriman Barang Cepat
Sebagai pembeli pasti mengharapkan barang yang dibeli cepat
sampai dan tidak terjadi kerusakan ataupun cacat, Lazada mengetahui kebutuhan
konsumennya oleh karena itu mereka melakukan pengiriman barang yang cepat
setelah pembayaran diterima. Pe
Kekurangan Belanja Online Di Lazada
:
1.
Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama
Konfirmasi pembayaran yang tidak
langsung direspon cepat, konsumen harus menunggu minimal 1 jam setelah
melakukan pembayaran dan baru akan mendapat konfirmasi melalui email
2. Fasilitas COD masih belum bisa dibanyak kota
Fasilitas COD yang ditawarkan memang
bagus untuk konsumen tapi sayangnya untuk saat ini masih untuk kota Jakarta
Sumber :
-
http://ariesandrianto.blogspot.com/2013/06/e-commerce-dan-analisis-website.html
-
Irmawati, Dewi. 2011.
Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis. Jurnal
Orasi Bisnis. Edisi VI. November
2011.
-
Julian Ding dalam
bukunya E-commerce: Law & Practice
Tidak ada komentar:
Posting Komentar