Pemanfaatan Komputer Sebagai
Media Pembelajaran
Perkembangan IPTEK terhadap proses pembelajaran
adalah diperkayanya sumber belajar dan media pembelajaran. Media komputer
dimanfaatkan dalam pembelajaran karena memberikan keuntungan-keuntungan yang
tidak dimiliki oleh media pembelajaran lainnya yaitu kemampuan komputer untuk
berinteraksi secara individu dengan pelajar.
Pesan dan informasi yang dibawa oleh media bisa
berupa pesan yang sederhana dan bisa pula pesan yang amat kompleks. Akan tetapi, yang terpenting adalah media itu disiapkan untuk
memenuhi kebutuhan belajar dan kemampuan siswa, serta siswa dapat aktif
berpartisipasi dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, perlu dirancang
dan dikembangkan lingkungan pembelajaran yang interaktif yang dapat menjawab
dan memenuhi kebutuhan belajar perorangan dengan media nya yang efektif guna
menjamin terjadinya pembelajaran(Azhar 2009).
Seiring
berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih pemanfaatan
komputer sebagai media pembelajaran menjadi elemen penting dalam kegiatan
belajar mengajar pada saat ini karena media ini dapat memuat lebih banyak
materi, dapat melibatkan dua atau lebih objek seperti gambar, teks, suara, video,
foto, dan keunggulan lain dari media ini adalah mampu berinteraksi dengan penggunanya
(multimedia interaktif ), serta dapat mengemas materi menjadi lebih menarik(Surya
2012).
Pemanfaatan komputer sebagai media pembelajaran
ini juga selayaknya didukung atau dipadukan dengan suatu pendekatan yang
sesuai, salah satunya adalah pendekatan chemo-edutainment (CET). Perpaduan
antara media pembelajaran berbasis komputer dangan pendekatan CET ini
memungkinkan seorang guru dapat menyampaikan pembelajaran yang akan menarik
minat siswa dan menghibur siswa dan diharapkan mampu menghilangkan anggapan
bahwa mata pelajaran kimia itu susah dan membosankan. Dengan demikian pada
akhirnya hasil belajar siswa diharapkan akan mengalami
Peningkatan(Agung 2008).
Azhar Arsyad ,’Media
Pembelajaran’, (Jakarta:Rajawali,2009),hl 81
Agung, TP
2008,’Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan
Pendekatan Chemo-Edutaiment Terhadap Hasil Belajar Kelas Kimia Siswa’,diakses
pada 2 Juli 2014
Surya, AA 2012,’ Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis
Komputer Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Semester Ganjil Kelas X Smk
Muhammadiyah 2 Kediri Tahun 2011/2013’,diakses pada 2 Juli 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar