Minggu, 16 Maret 2014

Pemrosesan Basis Data

PEMROSESAN BASIS DATA

Pemrosesan basis data didefinisikan sebagai sekumpulan data yang terintegrasi dan diolah untuk memenuhi kebutuhan para pengguna di dalam suatu organisasi. Basis data adalah kumpulan dari file data yang besar di mana dapat digunakan secara simultan oleh banyak departemen dan pengguna. Pada pendekatan ini, data tidak hanya memiliki oleh satu departemen saja tetapi data tersebut dimiliki oleh semua departemen karena data tersebut disimpan pada suatu sumber di perusahaan dan digunakan secara bersama.
Penggunaan secara bersama menimbulkan banyak perubahan yang akan terjadi pada suatu basis data yang digunakan, jika dibandingkan dengan pendekatan manajemen file. Standardisasi data, suatu file data yang disimpan di dalam satu basis data strukturnya harus dibuat sama, sesuai dengan kebutuhan para pengguna di semua bagian perusahaan. Kerangkapan data dapat dihilangkan atau diminimalisasi. Basis data bersifat data oriented, artinya bahasa pemrograman apapun (yang ada di DBMS) dapat digunakan untuk mengakses data yang sama, sehingga jika akan dibuat suatu file baru atau menambahkan suatu field baru hal ini tidak akan mempengaruhi program aplikasi yang ada. Pada pendekatan ini basis data tidak hanya berisi data operasional saja tetapi juga berisi penjabaran tentang data itu sendiri (sistem katalog) sehingga memudahkan programmer untuk melakukan suatu perubahan.

Daftar Pustaka:

Bertalya; Hurnaningsih; Rachmawati, Irma; Ade, Kemal; Mustikasari, Metty; Karyanti, Yuli; Sistem Basis Data 1, Universitas Gunadarma, 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar