Grafik komputer (Grafika Komputer) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.salah satu cabang disiplin ilmu informatika yang mempelajari pembuatan gambar dengan menggunakan komputer. Perbedaan antara grafik komputer dengan pengolahan citra adalah dalam pengolahan citra, gambar input kedalam proses pengolahan citra sudah tersedia, sedangkan pada grafik komputer dilakukan proses untuk menciptakan gambar dari awal.
Bagian dari grafika komputer meliputi :
Geometri : Mempelajari cara menggambarkan permukaan
bidang.
Animasi : Mempelajari cara menggambarkan dan
memanipulasi gerakan.
Rendering : Mempelajari algoritma untuk
menampilkan efek cahaya.
Citra(imaging)
: Mempelajari cara pengambilan dan
penyuntingan gambar.
Contoh Grafik komputer dalam kehidupan sehari – hari :
1. Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
CONTOH APLIKASI AutoCAD
2.Bidang hiburan
: Misalkan pada film , grafik komputer menghasilkan efek animasi yang baik.
3.Bidang
Pendidikan,grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk
mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point
ataupun software lainnya.
4.Computer Art
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
Computer art adalah penggunaan komputer grafis untuk menghasilkan karya-karya seni.
Hasil dapat berupa kartun, potret, foto, layout media cetak, logo, lukisan abstrak, desain
interior atau eksterior, dan lain sebagainya. Contoh: Adobe Photoshop, Corel Painter, GIMP.
Gambar - Aplikasi Image
editing untuk digital art.
Ini semacam teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.
Pengolahan citra adalah salah satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu. Atau memproses suatu citra sehingga menghasilkan citra yang sesuai dengan keinginan kita dan kualitasnya menjadi lebih baik.
Citra adalah gambar dua dimensi yang dihasilkan dari gambar analog dua dimensi yang kontinu menjadi gambar diskrit melalui prosessampling. Gambar analog dibagi menjadi N baris dan M kolom sehingga menjadi gambar diskrit. Persilangan antara baris dan kolom tertentu disebut dengan piksel. Contohnya adalah gambar/titik diskrit pada baris n dan kolom m disebut dengan piksel.
1.Bidang kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.
CONTOH GAMBAR RONTGEN
CONTOH GAMBAR YANG DI AMBIL OLEH SATELIT
Perbedaan Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Grafik Komputer
-
Berorientasi
vector
-
Menggunakan
model 2D/3D hasil realistic
-
Cenderung
mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra/ animasi
(2D/3D).
Pengolahan Citra
-
Berorientasi
pixel
-
Mengolah
data citra untuk mendapatkan interprestasi 2D/3D
-
Menitik
beratkan pada manipulasi citra sesuai dengan keperluan user
Tidak ada komentar:
Posting Komentar